Cara Menulis Artikel Hidup dan Berkualitas

Cara Menulis Artikel Hidup dan Berkualitas

Pada kesempatan yang baik ini blog untuk pemula akan membagi Cara Membuat Artikel Hidup dan Bermanfaat. Kekuatan dari blog adalah konten, jika kita lihat lebih detail maka kesimpulannya akan seperti ini: 

Visitor datang karena KONTEN
Visitor berlama-lama di blog kita karena KONTEN
Visitor berlangganan ke blog kita karena KONTEN
Visitor melimpah juga karena tertarik dengan KONTEN kita 

Jadi, dari kesimpulan di atas bahwa kualitas sebuah blog bukan terletak pada template atau jumlah artikel tapi pada KONTEN. Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang cara membuat konten yang hidup dan bermanfaat, ada baiknya sobat pahami dulu tentang:

Apa Itu Artikel Hidup?

Artikel di katakan hidup jika komposisi bahasa dalam artikel tersebut sangat mudah dan enak untuk dibaca. Hal tersebut dapat terjadi jika bahasa yang kita gunakan dalam membuat artikel adalah bahasa yang baku, dan juga penempatan tanda baca yang tepat seperti koma (,) atau titik (.). Selain itu, penempatan dari inti artikel yang akan dibahas juga harus tepat

yang biasanya sudah terwakili oleh judul artikel. Dengan demikian pembaca akan lebih antusias dan penasaran dalam membaca artikel kita, dan tidak segera menekan tombol close (x).

Tips Membuat Artikel Hidup

Dari pengalaman para penulis, dapat disimpulkan untuk membuat artikel lebih hidup sobat harus melakukan hal-hal berikut:

1. Ditulis Sendiri

Mengapa? Saat kita menulis sendiri sebetulnya ada beberapa indra dari tubuh kita yang bekerja. Saat tangan kita mengetik, mulut kita pun komat kamit sambil menyebutkan apa yang hendak ditulis. Kemudian mata kita akan membaca kata perkata selanjutnya kalimat perkalimat. Sehingga secara otomatis, otak kita akan mengecek koherensi (kesesuain) kalimat yang ditulis. Berbeda dengan mesin yang tidak mempunyai indra seperti manusia.

2. Referensi Yang Terpercaya

Mencari referensi yang terpercaya sebelum menulis adalah langkah yang bijak. Maka dari itu saya lebih suka mencari sumber informasi dari blog yang ternama seperti wikipedia, merdeka, viva, female, wolipop, detik. Atau sobat bisa mencari referensi dari blog luar negeri.

3. Punya Sense Menulis

Sense dalam menulis melingkupi beberapa hal antara lain teknik menulis, pemilihan kosakata, penggunaan kata hubung, dan sebagainya. Sehingga kualitas tulisan yang dihasilkan pun lebih baik.

4. Fokus Pada Judul

Saat kita menulis usahakan selalu berpatokan pada judul. Biasanya untuk memperpanjang artikel yang kita tulis, kita akan kehabisan ide sehingga kita terkesan asal-asalan dalam menulis kalimat sehingga tidak singkron dengan judul yang sudah kita tentukan. Sobat bisa membuat kerangka tulisan yang jelas sebelum kita menulis. Dengan demikian, artikel jadi fokus dan terarah ke judul.

5. Artikel Harus Padat

Artikel padat adalah artikel yang tepat dalam menggunakan kata hubung di setiap kalimatnya, jangan gunakan kata hubung yang berlebih sehingga tulisan yang kita hasilnya menjadi kurang menarik. Silahkan sobat bisa lihat di artikel milik situs seperti detik.com atau kompas.com

Pentingkah SEO Dalam Artikel?

Apakah artikel yang SEO itu? artikel SEO adalah artikel yang sesuai dengan judul dan keyword (kata kunci) yang kita bidik. SEO itu penting, tetapi artikel informatif jauh lebih penting. Sudah tidak jaman lagi kita spam keyword karena pembaca adalah manusia bukan mesin. 

Untuk jumlah kata apakah harus 300 kata, 400 kata atau 500 kata, sebenarnya tidak ada aturan baku. Ingat, disini target kita adalah menarik visitor bukan membuat cerpen. jadi, jangan memaksakan membuat artikel yang lebih dari 500 kata jika kita tidak mampu. Lebih baik fokus terhadap isi artikel.

Demikian pembahasan tentang cara menulis artikel yang hidup dan berkualitas. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi motivasi buat sobat semua. Salam blog untuk pemula.
LihatTutupKomentar