Kapan Waktu Terbaik Monetize Blog

Monetize Blog

Blog Untuk Pemula - Kapan Waktu Terbaik Monetize Blog? Mungkin salah satu tujuan seseorang membangun sebuah blog. Cepat atau lambat kita tentunya akan berpikiran tentang penghasilan dari ngeblog. Mungkin pada awalnya hanya sekedar menyalurkan hobby, mencari teman, menambah kekayaan informasi dan lainnya. Tidak pernah terpikirkan untuk menjadi blog sebagai ladang penghasilan tambahan. 

Namun, seiring dengan perkembangan blog. Diskusi dengan beberapa blogger senior (Sering disebut master) akhirnya bisa lahir keinginan untuk monetize blog. Hal itu normatif, karena menjadikan hobby sebagai sesuatu yang bisa menghasilkan. Lagipula membangun blog butuh biaya juga.

Monetize blog adalah menjadi blog sebagai sumber penghasilan dengan memasang iklan baik secara langsung kepada pemilik iklan ataupun menggunakan jasa pihak ketiga.

Namun pertanyaannya adalah kapan waktu terbaik monetize bog? kapan seharusnya melakukan pemasangan iklan? Pertanyaan ini sering menjadi perdebatan di kalangan blogger. Khususnya bagi yang ingin menggunakan jasa google adsense sebagai pihak ketiga. Harus disadari bahwa tidak mudah untuk menjadi publisher google adsense. Meskipun pada sebagian blogger yang sudah menjadi publisher katanya tidaklah begitu sulit asal mengikuti t.o.s nya.

Terlepas dari apa yang digunakan sebagai penyedia iklan. Pertimbangan untuk melakukan monetize pada blog sebaiknya dilakukan dengan matang. Apa saja yang perlu dipersiapkan? Kami akan sedikit berbagi pengalaman tentang hal tersebut.

Indeks sitemap blog 

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah sitemap blog sudah terindeks di webmaster mesin pencari. Misalnya google, bingg dan yandex. Hal ini penting karena sebelum sitemap blog terindeks maka akan sangat susah artikel muncul pada halaman mesin pencari.

Setelah sitemap terindeks maka mesin pencari akan dengan mudah menampilkan artikel pada mesin pencari. Tentunya hal ini terlepas dari apakah ada blogger lain yang menulis artikel dengan target kata kunci sejenis.

Logikanya adalah ketika mesin pencari tidak menemukan peta situs blog, maka akan sulit diterima sebagai publisher apalagi kalau ingin menggunakan jasa google adsense.

Statistik blog 

Menjadi publisher tentunya ingin mendapatkan penghasilan besar. Kuncinya adalah statistik blog. Pelajari statistik blog dengan baik. Apabila traffik menunjukkan peningkatan dari hari ke hari maka blog sebaiknya segera di monetize. Untuk mengukur atau melihat kondisi traffik blog bisa menggunakan jasa google analytics.

Melalui perhitungan google analytics kita dapat melihat sumber traffik. Sehingga dapat mempertimbangkan apakah blog sudah layak atau tidak untuk dimonetize. Sebelum ditolak menjadi publisher harus bisa analisis sendiri. Misalnya melihat darimana sumber traffik blog tersebut. Perangkat apa yang digunakan dan data demografi lainnya.

Melakukan monetize blog tanpa traffik juga tidak akan menghasilkan secara maksimal, jadi sebaiknya benahi traffik terlebih dahulu.

Blog sudah final 

Blog yang ingin dimonetize benar-benar sudah difinalkan. Maksudnya adalah blog tidak lagi akan mengalami perubahan tampilan apalagi kalau sampai merubah tema atau template yang digunakan. Jadi blog sebaiknya baru dimonetize apabila sudah tidak lagi melakukan perubahan apapun pada blog. Hal yang dilakukan tinggal update dan share artikel.

Blog yang masih dalam pengembangan akan susah diterima sebagai publisher. Jadi finalkan terlebih dahulu.

Monetize blog secepat mungkin 

Lakukan monetize sesegera mungkin. Artinya bahwa kalau memang ada niat untuk monetize blog maka lakukan secepat mungkin. Setelah ketiga hal di atas sudah dipastikan aman maka selanjutnya langsung saja mendaftar sebagai publisher pada pihak ketiga yang diinginkan.

Mencoba mendaftarkan lebih baik daripada menunggu dan melakukan analisa sendiri. Penolakan dari jasa penyedia iklan bisa menjadi pertimbangan dan dasar untuk melakukan perbaikan pada blog. Apalagi ketika memilih jasa adsense terkadang harus dimulai dengan berbagai penolakan.

Intinya adalah jangan pernah putus asa membangun blog dan melakukan monetize blog.
Tetap semangat hei kawan blog pemula... teruskan perjuangan usahamu.. hehe...
LihatTutupKomentar