Teknik SEO Ternyata Cuma Ada 2

Teknik SEO on page dan teknik seo off page

Mungkin kebanyakan dari kita sudah tahu apa perbedaan blog dengan website. Begitu juga dalam penerapan teknik SEO pada kedua media ini ada sedikit perbedaan. Hal ini disebabkan blog memiliki karakter yang sedikit berbeda daripada website. Nah yang ingin saya sampaikan pada postingan kali ini adalah mengenai teknik SEO dasar untuk blog yang mudah kita cerna khususnya bagi kamu blog pemula atau blogger pemula.

Karakteristik blog yang bagaimana yang disukai oleh Search Engine? Blog dengan desain yang menarik? Artistik? Ternyata TIDAK! Okelah mari kita sama-sama pelajari..

Sebelum saya membahas mengenai teknik Optimasi pada Blog ada baiknya kita mengetahui tentang beberapa hal dasar dan menjadi poin penting yang akan jadi pertimbangan daripada mesin pencari supaya dapat melacak keberadaan dimana blog kita dan mengkatagorikan blog kita di katagori yang spesifik juga memposisikan blog kamu sesuai dari keyword ataupun kata kunci seperti apa yang telah kita targetkan.

Berikut Karakteristik blog yang ramah dengan mesin pencari :

  1. Blog rajin update. Blog yang dengan konten update, sangat disenangi oleh mesin pencari. Dengan mengupdate blog kita secara konsisten, mesin pencari akan dapat melihat blog kita sebagai katagori blog yang informatif dan kaya akan konten.
  2. Artikel Fresh. Tidak hanya rajin update, tetapi di dalam artikel yang kita updatepun sebaiknya artikel fresh artinya bukan hasil artikel dari copypaste melalui media ataupun blog lain. Mesin pencari bisa sangat mudah mengetahui mana konten hasil copyan dan mana konten yang fresh.
  3. Blog yang interaktif. Blog yang interaktif akan efektif untuk mendatangkan kunjungan yang unik setiap harinya. Begitu juga pengunjung yang mempostingkan comentar di postingan artikel kita, akan terlihat unik di mata search engine.
  4. Penempatan Keyword. Hal ini menjadi momen baku yang tidak boleh kamu lupakan. Penempatan keyword atau kata kunci didalam artikel sangat menentukan keberhasilan SEO. Usahakan keyword ditempatkan pada judul artikel. Selain pada judul, tempatkan juga keyword di awal paragraph dan akhir paragraph. Untuk proporsi keyword (keyword density) akan saya bahas pada postingan berikutnya.
  5. Pemilihan tags yang tepat. Pilih tags yang sesuai tema ataupun topik daripada artikel yang sedang kita ulas. Sebaiknya tags tidak terlalu panjang dan usahakan sespesifik mungkin.
Nah itu dulu ya kawan... mengenai bahasan teknik SEO dasar blog untuk pemula kali ini. Sekarang sedikit ane akan membahas mengenai Teknik Seo yang Ternyata Cuma Ada 2.

Sebelum kita memulai belajar SEO lebih dalam, ada baiknya kita lebih dulu mengenal tehnik-tehnik SEO. Memang ada benarnya untuk umum tehnik SEO hanya ada dua. Yakni SEO On Page & SEO Off Page. Dari kedua tehnik SEO ini dasarnya memiliki satu tujuan yang sama yaitu bagaimana caranya meningkatkan ranking search engine google juga untuk mesin pencari yang lainnya. (mohon maaf, dan tolong di koreksi kalau ada yang salah)

SEO On Page

SEO On Page yakni merupakan teknik SEO yang di terapakan pada blog dan juga halaman-halaman blog kita. Dengan menggunakan penerapan Teknik SEO ini fungsinya agar dapat semakin memudahkan daripada mesin pencari merayapi semua konten yang berada di blog kita dan memposisikan blog kita pada katagori yang tepat. Berikut ini merupakan teknik SEO On Page yang bisa kita terapkan:
  1. Buatlah blog mengguakan tema yang spesifik. Makin spesifik semakin bagus.
  2. Buat blog yang sederhana tapi padat dengan konten. Update artikel diblog kita secara berkala dengan konten-konten yang menarik dan juga berita-berita terbaru. Kita bisa membuat subdomain khusus untuk halaman yang dapat kita gunakan untuk ngeblog (blogging).
  3. Buat setiap halaman situs blog kita menjadi halaman dengan mengguakan judul yang unik serta menarik.
  4. Perhatikan kerapatan tiap kata kunci ( keyword) yang kita tulisankan di setiap artikel. Penulisan artikel yang sudah master pasti tau dimana cara penempatan kata kunci serta menentukan kuantitas (keyword density) yang sesuai dari strandar SEO yang baik dan juga benar.

SEO Off Page:

Bebeda dengan tehnik SEO On Page, Teknik SEO Off Page adalah merupakan tehnik yang lebih fokus atau menitik beratkan optimasi yang akan kamu lakukan diluar arena situs kita. Nah, bicara tentang urusan SEO Off Page tidak terlepas dengan urusan backlink. Seberapa banyak backlink berkualitas yang akan mengarah ke situs kita, dan yang dapat berpengaruh dengan keberhasilan tehnik SEO ini. Ada beberapa hal yang bisa kita kerjakan untuk melakukan SEO Off Page:
  1. Submit artikel berkualitas ke media article directory
  2. Submit blog anda ke website directory
  3. Perluas jaringan kamu dengan cara bertukar link dengan sesama blogger atau pemilik blog yang relevan dengan blog kita
  4. Aktif dalam forum diskusi
  5. Tinggalkan jejak setiap mengunjungi blog lain dengan cara berkomentar pada postingan artikel mereka.
Nah inilah pembahasan singkat mengenai teknik SEO. Bagaimana? Apakah kita sudah menerapkan teknik-teknik ini untuk SEO website dan blog kita? Atau kamu punya masukan lain? Silahkan, mari kita sharingkan disini.
LihatTutupKomentar